Selasa, 24 Desember 2019

Mensetting Wireless Microphone Clip On (Clavier) atau Mic Kerah

Mensetting Wireless Microphone Clip On (Clavier) atau Mic Kerah - Mungkin kamu jarang bertemu dengan suasana yang mesti memakai mic kerah baju saat kamu berhubungan dengan sound system rental.


Microphone clip on/ Clavier Microphone seringkali sering dipakai oleh presenter sebuah seminar, Imam sholat di Masjid, Komandan (pemimpin) upacara kenegaraan, penyanyi/ musisi, MC, pemeran pentas sandiwara kolosal di panggung, dan beda sebagainya. Mic Clip On terdapat yang memakai transmisi penghantar getaran suara berupa kabel audio dan ada pun melalui perantara media udara yang biasa anda sebut Microphone Wireless.


Pemasangannya terdapat yang diselipkan pada kerah baju dan ada pun yang ditempelkan di kepala (telinga) dengan tangkai yang mengarah ke ke mulut. Berdasarkan keterangan dari saya, mic head to mouth yang mempunyai tangkai bakal lebih gampang dalam pensetingan gain dan level suara sebab jarak sumber suara (mulut) yang dekat dengan transducer mic dikomparasikan dengan penyetingan mic clip on yang ditempelkan di kerah baju yang transducer-nya tidak banyak agak jauh dari mulut.

Oleh sebab tersebut kita mesti pandai dalam menata Gain sensitive dan Level pada Mixer dan penempatan speaker Monitor dari sumber bunyi. Atau dapat juga dengan teknik mengecilkan level speaker monitor yang berada dekat dengan sumber bunyi dan saya dan anda bisa menguatkan level audio pada speaker beda yang berada jauh dengan sumber suara.

Cara Instalasi Microphone Clip On Wireless

Instalasi Wireless Microphone kerah baju (clip on) tergolong lumayan susah, karena bersangkutan dengan kepekaan (daya tangkap suara) dan kekuatan suara yang tersiar di Speaker system serta terjadinya umpan balik (feedback) pada sound system kita.

Feedback seringkali timbul dampak jarak antara mikrofon ini dengan speaker cukup berdampingan sementara kita mengharapkan suara yang maksimal tersiar di Speaker system. Mic Clip On tergolong dari jenis mic condenser yang paling mungil dan membutuhkan asupan listrik DC dari batere.

Berikut teknik setting microphone wireless dengan etape yang biasa saya kerjakan pada sound system saya;


  1. Seting Mic dan Receiver, kemudian tancapkan pada Channel yang diinginkan, andaikan pada CH1
  2. Saya seringkali tidak/ belum mendongkrak Level Volume pada Channel yang terpasang
  3. Berbicara di depan Mic (check Mic) sambil menata Gain sensitive di Mixer dengan jarak yang dekat dengan mulut, lantas menekan tombol switch PFL pada drainase yang digunakan untuk posisi Mic ini seraya melhat berapa desibel kekuatan input guna Microphone ini pada indicator LED display di Mixer. Saya seringkali memposisikan Gain hingga didapati batas maksimal 3 dB.
  4. Setelah sinyal sudah masuk ke drainase input dan tingkat kekuatannya telah kita kunci pada 0 dB sampai 3 dB, lalu mendongkrak Volume Channel di drainase mic kerah yang terpasang, lepaskan/ non aktifkan PFL
  5. Dengarkan suaranya di Loudspeaker dan lihat kekuatan suara (check Mic) pada situasi Mixing dengan menyaksikan indicator lampu sinyal.
  6. Kita dapat mengolah setelan nada (EQ) bila diperlukan, atau di-flat dahulu sebelum mengharapkan perubahan frekuensi suara.
  7. Suruh teman kamu untuk membawa Mic dan berkata di Microhone ini pada lokasi yang yang terdekat dengan speaker Monitor, bila didapati feedback maka terpaksa kamu harus menurunkan Level Mixer pada drainase Mic yang terpasang, atau dapat juga meminimalisir level sinyal yang menuju speaker Monitor. Bila monitor memakai pengiriman sinyal melewati AUX, maka kecilkan level aux send mengarah ke speaker monitor.

Penutup, Demikian yang bisa saya sampaikan pada artikel ini mengenai mensetting Wireless Microphone Clip On (Clavier) atau Mic Kerah, semoga bermanfaat.